Mesin diesel

Mesin diesel merupakan salan satu mesin penggerak yang sangat berguna di era modern seperti sekarang ini , prinsip kerja dari mesin diesel adalah pembakaran dalam, artinya tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini karena pembakaran yang terjadi di dalam ruang mesin itu sendiri.



mesin diesel
Gambar mesin diesel 



Sejarah mesin diesel


Mesin diesel ditemukan oleh seorang pria bernama Rudolf cristian carl diesel, dia lahir pada tanggal 18 maret 1858, kedua orang tuanya berasal dari Jerman, namun tinggal di Perancis sebagai tukang rajin kulit . Beberapa tahun kemudian, mereka pidah ke Inggris setelah orang tua Karl diesel gagal memperoleh hak untuk menetap di Perancis. Meskipun kedua orang tua Diesel menetap di Inggris, namun Diesel muda lebih memilih tinggal di Jerman ikut paman dan bibinya dan melanjutkan sekolahnya di sana. Selama sekolah Diesel tergolong pintar , dan ia memilih menjadi seorang mekanik.

Mesin diesel pertama kali ditemukan
Mesin diesel pertama
Pada tahun 1892 Rudolf Cristian karl diesel memperoleh hak patennya atas penemuannya tentang mesin pembakaran dalam, dan baru pada tahun 1893 ia dapat mewujudkan impiannya yakni menciptakan sebuah mesin pembakaran dalam yang dikenal dengan sebutan mesin diesel, hal ini dibuktikannya dengan ia memperoleh hak paten atas penemuannya dengan nomer 608845

Rudolf Cristian karl diesel sendiri meninggal pada 29 september 1913 saat ia dalam perjalanan menggunakan kapal ferry menuju Inggris, tidak diketahui secara pasti , siapa pembunuhnya dan bagaimana dia dibunuh atau apakah dia benar-benar dibunuh ataukah ia hanya tergelincir kelaut.

Di kabinnya terlihat rapi dan jaketnya masih tergantung di railing, tidak ada tanda-tanda kekerasan di dalam kabinnya, beberapa hari kemudian crew kapal laut berbendera Belanda menemukan seorang mayat terapung di perairan utara  dekat norwegia,  wajah dan tubuhnya hancur sehingga tidak dapat dikenali lagi. hanya saja anak diesel yang bernama eugene diesel yang mengenali benda-benda yang ada pada mayat tersebut seperti tempat kaca mata , dompet , kartu identitas, eugen diesel mengklaim bahwa semua benda-benda tersebut adalah milik ayahnya 



Cara kerja mesin diesel 

.
Secara  sederhana mesin diesel bekerja atas dasar hukum charles yang mengatakan bahwa jika sebuah udara di kompresi atau dimampatkan dalam sebuah ruangan maka akan terjadi peningkatan suhu. Dalam ruang silinder sebuah mesin silinder jika udara dimanpatkan akan terjadi peningkatan suhu hingga mencapai suhu 500 derajat cercius.



Keterangan 
  1. Disaat piston bergerak dari TMA ( titik mati atas)  menuju ke TMB ( titik mati bawah ) katub hisap akan terbuka maka udara akan masuk, sebaliknya katub buang akan tertutup 
  2. Piston akan kembali bergerak dari TMB menuju ke TMA , dan pada saat yang bersamaan kedua katub akan tertutup sehingga udara yang ada di dalam ruang silinder akan terkompresi dan mencapai suhu hingga 500 derajat celsius. 
  3. Disaat udara di dalam ruang silinder terkompress kemudian bahan bakar akar dimasukkan ke dalam ruang silinder sehingga timbullah ledakan yang menyebabkan piston akan bergerak dari TMA menuju ke TMB 
  4. Piston akan bergerak kembali dari TMB menuju ke TMA dan pada saat yang bersamaan pula katub buang terbuka sedangkan katub hisap tertutup akibatnya gas hasil pembakaran tadi akan terdorong keluar dari ruang silinder menuju ke knalpot. 
  5. Demikianlah gerakan piston tersebut akan bergerak naik turun berulang-ulang. 

Perawatan pada mesin diesel 

Sama seperti mesin penggerak lainnya, mesin diesel juga perlu perawatan secara berkala, hal ini bertujuan untuk meyakinkan dan memastikan bahwa mesin diesel yang kita punya tetap pada performa yang bagus, untuk itu diperlukan perawatan secara berkala, yang akan kita bahas seperti berikut ini :

  • Pastikan bahwa air radiator yang kita berikan adalah air bersih 
  • Gunakan saringan saat mengisi bahan bakar solar 
  • Setiap 100 jam bersihkan saringan solar dan Setiap 500 Jam ganti saringan bahan bakar. 
  • Periksa permukaan minyak pelumas tetap pada batas aman yakni diantara batas paling bawah dan dibawah garis paling bawah pada stik penutup minyak pelumas. 
  • Ganti oli setiap 100 jam 
  • Pakailah oli pada saringan udara.

No comments:

Post a Comment