Cara membuat kompos

Sebagai mana kita tau bahwa tanaman membutuhkan unsur hara , dan unsur hara ini bisa didapatkan dengan cara pemberian pupuk kompos pada tanaman. Untuk mendapatkan kompos kita bisa membuatnya sendiri , berikut ini cara bagaimana membuat kompos





Mencacah bahan organik 

Bahanorganik dicacah untuk bahan baku pembuatan kompos
Bahan organik yang dicacah 


Semua bahan organik seperti dedaunan , limbah dapur , limbah sayur mayur dan lain-lain dicacah kecil kecil dengan menggunakan pisau atau parang . Dicacah ini bertujuan untuk memperkecil luas permukaan bahan organik sehingga proses pelapukan oleh mikroorganisme menjadi semakin cepat.


Menambahkan bioaktivator 



EM-4 sebagai bioaktivator dalam proses pengomposan
Contoh bioaktivator yang sudah jadi, bisa beli di toko pertanian

Bioaktivator merupakan kumpulan mikroorganisme yang dikemas dan dimasukkan kedalam suatu wadah kecil. tujuan pemberian bioaktivator ini adalah memberikan mikroorganisme agar bahan organik bisa diurai menjadi kompos. untuk mendapatkan bioaktivator ini kita bisa mendapatkannya di toko-toko pertanian , merk dari bioaktivator yang cukup terkenal adalah EM4. cara pemberian mikroorganisme ini dengan cara : Tuangkan 1 tutup botol EM4 kedalam 1 liter air, tambahkan gula , kemudian diamkan selama 24 jam. Setealh 24 jam kini bioaktivator siap digunakan. caranya adalah dengan menyemprotkan capuran air yang berisi EM4 ini ke arah bahan organik. ingat jangan terlalu basah dan jangan pula terlalu kering.


Menambahkan kotoran sapi.



Tambahkan juga kotoran sapi pada bahan baku pembuat kompos , penambahan kompos ini adalah untuk membantu proses fermentasi yang dilakukan oleh mikro-organisme , sebenarnya ini fungsinya adalah sama dengan bio-aktivator , ini hanya menambahkan saja , sebab dalam kotoran sapi sudah banyak mikro-organisme alami.

Menyimpan bahan organik ke dalam komposter 


Dalam hal penyimpanan ini sifatnya relatif , artinya bukan merupakan suatu keharusan , dimana saja boleh yang penting terhindar dari sinar matahari langsung dan bisa terhindar dari genangan air hujan, berikut ini beberapa contoh tempat - tempat komposter yang bisa kita jadikan alternatif , silahkan pilih yang mana yang dirasa paling mudah untuk memantau suhu dan kelembapan udara , serta manakah yang anda rasakan paling mudah dalam membolak balik bahan kompos

Tempat komposter dari tong bekas plastik HDPE
Komposter dari tong plastik bekas 

Tempat kompos dari bahan papan kayu
Tempat penyimpanan kompos dari papan kayu




Kompos sudah matang

Biasanya kompos akan matang setelah 21 hari kerja lamanya , ini ditandai dengan warna coklat kehitaman , tidak berbau , dan massanya ringan.





Itulah beberapa tips dalam membuat kompos , semoga artikel ini bermanfaat






No comments:

Post a Comment