Cara membuat tahu

Untuk sekarang  ini Tahu adalah makanan yang telah  dikenal oleh masyarakat dunia, tapi tidak setiap  orang mengetahui  bagaimana  caranya untuk membuat tahu yang enak dan gurih. Oleh karena itu kita akan mengulasnya, Tahu pertama kali pada 164 SM di daratan China atau  sekitar 2200 tahun  yang lalu. Penemunya adalah Liu An, ia adalah cucu  Kaisar Han Gaozu.


Bagaimana cara membuat tahu
Membuat tahu 

Cara membuat tahu.

Di Indonesia tahu adalah makanan yang  digemari oleh semua lapisan masyarakat . Selain rasanya yang sangat  nikmat juga kandungan gizinya sangat baik untuk kesehatan manusia . Pernahkah kita terfikirkan  untuk membuat tahu di rumah? bagi yang belum tau bagaimana cara membuat tahu berikut ini caranya :

Bahan-bahan :
  • 1 kilo gram kacang kedelai, rendam selama 1 malam
  • 100 ml air  cuka.
  • Air bersih

Peralatan yang diperlukan :
  • Blender gunanya untuk menghancurkan kacang kedelai.
  • Panci besar .
  • Kain untuk dasar tahu
  • Saringan bisa terbuat dari kain kasa

Cara pembuatannya :

Pertama adalah masukan kedelai yang direndam  selama 1  malam  kedalam panci , kemudian remas-remas hingga kulitnya terkelupas . Kedelai yang sudah bersih dari kulitnya masukan kedalam Blender dan beri air secukupnya lalu   blender sampai lembut. Setelah kedelai di blender akan terjadi  susu kedelai, air susu kedelai tadi direbus sampai mendidih.

Ketika air kedelai tadi mendidih nantinya  akan muncul busa putih pada bagian atasnya.
setiap kali mendidih dan timbul busa putih  tambahkan  lagi air  yang  dingin sedikit demi sedikit perlahan-lahan  dan  nyala kompor dikecilkan .
Setiap kali busa muncul tambahkan lagi air dingin sedikit-sedikit sampai  busanya habis. Jika busanya tadi habis  biarkan susu kedelai tadi di atas kompor dengan api yang  kecil selama  kira-kira 20 menit. lalu  matikan kompor.

Setelah susu kedelai tadi dingin angkat lalu saring menggunakan saringan  yang sudah  di lapisi dengan  kain. Air susu kedelai tadi  diperas, airnya akan turun ke bawah , dan ampasnya akan tertinggal di dalam kain , ampasnya yang tersisa dalam kain tadi bisa dimanfaatkan sesuai selera kita masing-masing.

Hasil penyaringan air susu kedelai  tadi di panaskan di atas kompor dengan suhu sedang , jangan sampai mendidih. Air susu kedelai yang hangat tadi  diangkat dari atas kompor , kemudian tambahkan 100 ml air cuka lalu diaduk. Air susu kedelai yang sudah ditambahkan cuka tadi diamkan selama  setengah jam , disaat itu air susu kedelai akan menjadi 2 lapisan yakni tahu dan air bersih.
Lapisan calon tahu tadi di saring dengan kain tipis hingga airnya  keluar atau terpisah dari calon tahu.  Calon tahu tadi tempatkan pada cetakan dan tutup dengan kain tadi kemudian tindih dengan pemberat . Lalu biarkan selama 15 hingga menit.  Kini tahu buatan anda sudah jadi dan siap dimakan atau dipasarkan.




No comments:

Post a Comment