Keutamaan pendiam daripada banyak bicara

Asrafi anakku .................

Malam ini ayah akan membacakan sebuah hadis nabi yang diriwayatkan oleh At-tirmidzi , dalam hadit ini baginda nabi Muhammada saw mengingatkan pada kita akan keutamaan berdiam diri dari pada banyak bicara dan sombong . dan berikut ini adalah hadist itu :

Rasulullah SAW bersabda,"Sesungguhnya orang yang paling aku cintai dan paling dekat kedudukannya dengan majelisku pada Hari Kiamat nanti adalah orang yang paling baik akhlaknya. Sebaliknya, orang yang aku benci dan paling jauh dari diriku adalah orang yang terlalu banyak bicara dan sombong." HR at-Tirmidzi).

Anakku sayang ............

Pepatah mengatakan " MULUTMU ADALAH HARIMAUMU " maksudnya adalah bahwa kita akan celaka dimakan oleh harimau dan yang menjadi harimaumu itu adalah mulutmu sendiri , banyak bicara itu identik dengan kemudharatan , sebab orang yang terlalu banyak bicara cendrung akan menambah nambahin berita yang ujung - ujungnya adalah fitnah dan suudhon .

Dari pada kamu terlalu banyak bicara alangkah lebih baik kau berdiam diri dengan membaca dzikir pada ALLAH , agar diammu berpahala .

No comments:

Post a Comment